Hotel Horison Ultima Bekasi Berikan Pelatihan Table Manner Kepada Siswa Smk Tridaya

Kamis, 31 Oktober 2019, Oktober 31, 2019 WIB Last Updated 2019-11-01T04:30:42Z
Kabupaten Bekasi, Online-datapublik.com
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tridaya Bekasi mengikuti pelatihan Table Manner yang digelar di Hotel Horison Ultima Bekasi (30/10/19).

Kegiatan tersebut di ikuti oleh siswa kelas XII (Dua Belas) bidang OTKP, pesertapun didampingi langsung oleh kepala sekolah Achmad Fahrurrozziq,Spdi.


Indra Raja Gukguk, selaku narasumber dari Hotel Horison Ultima Bekasi, menyampaikan pengertian Table Manner, menurutnya disaat kita mendapatkan jamuan atau menghadiri undangan makan, baik itu disebuah Hotel atau restaurant yang bertaraf internasional, kita dituntut untuk mengikuti tata cara makan yang benar dan sesuai dengan aturan- aturan yang berlaku,"terangnya.

Lanjut indra dimulai dari memasuki ruangan tempat jamuan, sampai kapan harus duduk makan dan lain- lain.

Penjamuan makan mempunyai banyak manfaat antara lain, memberikan citra umum mengenai bagai mana kita mempunyai kepribadian, keluarga, usaha atau daerah dari orang yang ikut hadir dalam jamuan tersebut.

Mendapatkan relasi baru yang bermanfaat untuk kepentingan usaha.

Memberikan suasana keakraban dalam kepentingan bersama atas suatu masalah, juga mendapatkan wawasan mengenai tata cara makan dan pengetahuan  makanan dan minuman dari berbagai jenis yang belum pernah kita rasakan.

Etika perjamuan makan menurut indra, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengikuti perjamuan makan.

Makanlah sedikit-sedikit, sesuaikan dengan rekan dimeja.
Mulut harus terkatup waktu mengunyah.
Bila butuh sesuatu ditempat yang jauh dari tempat duduk, mintalah kepada petugas yang ada dideket kita.
"jangan bicara sewaktu mengunyah makanan.
Jangan menggunakan jari untuk melepaskan makanan dari garpu tapi pergunakanlah pisau.

Jangan mengunakan jari tangan untuk mengambil sisa makanan di sela- sela gigi tetapi gunakanlah dengan tusuk gigi yang sudah disiapkan dengan ditutup tangan,"jelasnya.

Juga ia menegaskan, setelah selesai makan, letakanlah alat diatas piring dan jangan taruh diatas meja, bila alat terjatuh ambilah terlebih dahulu baru minta gantinya.

Bila telah selesai, lipatlah serbet yang telag digunakan disebelah kiri, lalu letakan peralatan makan sejajar masing- masing alat diatas piring menunjukan makan sudah selesai dan bisa diangkut atau dibersihkan.

Memasuki lapangan kerja, serta dapat mengembangkan sikap profesional dalam ruang lingkup keahlian Bisnis dan menajemen, khususnya Administrasi perkantoran, menjadi tenaga kerja tingkat menengah untuk mengisi kebutuhan dunia industri pada saat ini maupun dimasa yang akan datang.

Membekali diri dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dan menjadi warga negara yang produktif,adaptif juga kreatip.


(Irpan)
Komentar

Tampilkan

Terkini