Pangdam lll Sliwangi Secara Resmi Menutup TMMD Di Kabupaten Subang

Kamis, 30 Juli 2020, Juli 30, 2020 WIB Last Updated 2020-07-30T16:40:23Z

Foto : Pangdam-III Siliwangi Jabar Mayjen TNI NugrohoBudi didampingi Bupati Subang H.Ruhimat saat menutup secara resmi program TMMD Ke-108 KODIM 0605/Subang.

Subang, Online-datapublik.com
Pelaksanaan Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-108  Tahun 2020 KODIM 0605 Subang secara resmi ditutup Pangdam-III Siliwangi, yang berlangsung di lokasi TMMD yaitu di Kecamatan Serangpanjang, Rabu (29/7/2020).

Penutupan TMMD dihadiri Pangdam-III Siliwangi Mayor Jendral TNI Nugroho Budi, Danrem 063/Sunan Gunungjati Kolonel Inf Elkines, beserta jajarannya Pangdam –III Siliwangi,Bupati Subang, H. Ruhimat  serta unsur Forkopimda dan sejumlah tamu kehormatan lainnya.

Bupati Subang dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada Pangdam 3 Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto S.IP. MM yang telah tiba di kabupaten Subang dalam rangka penutupan kegiatan TMMD ke-108.
“Atas nama pribadi dan mewakili pemerintah daerah Kabupaten Subang Kang Jimat mengucapkan terima kasih, kepada jajaran TNI Angkatan Darat atas kerjasama dan kolaborasi yang dibangun dalam rangka membangun desa dengan hasil yang memuaskan,” katanya.

Khususnya kepada jajaran Pangdam 3 Siliwangi, Korem 063 Sunan Gunung jati, dan Kodim 0605 Subang, Kang Jimat memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas pelaksanaan TMMD 108, yang memberikan dampak positif bagi kemajuan kabupaten Subang.

Pembangunan fisik maupun nonfisik yang menjadi sasaran TMMD sangat dirasakan sekali manfaatnya oleh masyarakat khususnya masyarakat serangpanjang dan Kalijati.
Bupati Subang, H. Ruhimat berbangga pandemi Covid-19 tidak menjadi hambatan bagi pengabdian yang tidak henti, untuk negeri tercinta. Hambatan yang ada dijadikan sebuah tantangan untuk terus berupaya memberikan solusi bagi permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

Bupati Subang juga yakin jalan yang dibangun oleh TMMD ke-108 akan menjadi warisan terbaik bagi generasi kita selanjutnya dan dapat mengukir sejarah pembangunan di kabupaten Subang.
“Karena membuka akses jalan kemudahan untuk kelancaran aktivitas masyarakat, bahkan membuka akses 2 desa yang selama ini terisolir menjadi prestasi yang membanggakan bagi kita semua,” katanya.

Terkait hal itu program TMMD ini akan memberikan multiplier effect bagi masyarakat kabupaten Subang. Kang Jimat bersyukur, Subang diberikan potensi alam yang sangat banyak untuk segera digali dan dikembangkan serta disalurkan ke berbagai daerah melalui jalan yang dibangun ini.

Selanjutnya kegiatan pembangunan rutilahu serta kegiatan lainnya yang termasuk di dalam rangkaian program TMMD telah memberikan kebahagiaan bagi masyarakat kabupaten Subang.
Kang Jimat berharap kegiatan TMMD terus berkesinambungan dan memiliki cakupan yang lebih luas lagi sehingga Kabupaten Subang segera mengejar ketertinggalan dengan kabupaten yang lainnya.
Dandim 0605 Subang dalam paparannya menyatakan kegiatan TMMD ini sudah dilaksanakan 100 persen dan berjalan sukses. Terkait hasil pekerjaan dengan dana yang tersedia telah mendapat apresiasi dari Kementrian PUPR, yang mana hasil pekerjaan telah over prestasi, artinya kualitas hasil pekerjaan sangat baik.
“Terkait pelaksana TMMD, satgas agar mendapatkan chemistry dan hasil yang baik, anggota satgas menginap di rumah warga masyarakat, Selain sasaran fisik ada sasaran non fisik yang mana dalam pelaksanaan nya bekerja sama dengan instansi terkait,” katanya.

Dandim Subang menyampaikan proses pelaksanaan TMMD di publikasikan oleh media regional dan nasional, 7 media elektronik, 3 media cetak, 38 media online. Selama pelaksanaan TMMD, Satgas juga menyelenggarakan kegiatan lomba jurnalistik yang diselenggarakan bekerjasama dengan Dispenad.
Pangdam III Siliwangi, dalam arahannya menyampaikan kegiatan TMMD telah berakhir, Pangdam menyampaikan apabila ada kekurangan dapat kita perbaiki.
“Keberhasilan TMMD ini merupakan manifestasi keberhasilan TNI, pemerintah dan masyarakat yang saling bahu membahu tolong menolong dalam membangun desa. Dengan akan ditutupnya TMMD, yang secara serentak di Kodim Garut, Sukabumi, Subang dan Cilegon Banten diharapkan dapat memberika. Manfaat yang seluas luasnya,” katanya.
Pangdam menyampaikan terimakasih kepada unsur Forkompinda Subang beserta anggota satgas, Yang telah bersama sama mendukung pelaksanaan TMMD yang dimulai sejak 30 Juni 2020 yang lalu.
Kepada Dansatgas TMMD, Pangdam berpesan untuk mengadakan evaluasi terhadap kekurangan yang ada. Kekurangan tersebut diharapkan tidak di temukan lagi pada pelaksanaan yang akan datang. “Segera lakukan pertanggungjawaban secara baik dan transparan,” katanya.
Selepas arahan Pangdam III Siwliwangi, kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke lokasi TMMD.
Di lokasi TMMD, Pangdam III Siliwangi, Bapak Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto S.IP. MM, Komandan Korem 063 Sunan Gunung Jati (SGJ) Cirebon, Kolonel Inf. Elkines Villando Dewangga Kusumawide, Bupati Subang dan Komandan Kodim 0605 Subang, disambut oleh seni sisingaan.
Seni sisingaan tersebut menjadi pembuka kegiatan upacara penutupan TMMD ke 108. Di Kabupaten Subang.
Pangdam dalam sambutannya menyampaikan berkaitan dengan telah selesainya kegiatan TMMD yang dimulai 30 juni. Pangdam menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pemprov Jabar dan instansi terkait, yang tidak bisa di sebutkan satu persatu dalam pelaksanaan TMMD ke 108.
Meskipun dilaksanakan dalam pandemi covid. Tapi tidak mengganggu pelaksanaan TMMD di Kab. Sukabumi, Kab. Garut. Kab Subang dan Kab. Cilegon Banten yang telah menunjukan hasill yang signifikan.
Bukan saja pembangunan sarana akan Tetapi membangun jiwa masyarakat sehingga tumbuh berbangsa dan bernegara. Bukan saja dalam pelaksanaan TMMD. Tapi kegiatan kegiatan lainnya yang membutuhkan sinergi kita semua dalam membantu kesejahteraan masyarakat.
TMMD ini juga merupakan momentum untuk meningkatkan kembali semangat gotong royong di masyarakat khususnya di lingkungan pemaksaan TMMD.
Bupati Subang, Kang Jimat berserta Pangdam III Siliwangi dan Dandim 0605 Subang menandatangani Berita Acara Pelaksanaan TMMD
Dalam kegiatan tersebut disampaikan pula secara simbolis bantuan sembako kepada warga masyarakat yang ikut serta dalam kegiatan TMMD.
Kegiatan di tutup dengan peninjauan bukit Jimat Siliwangi peninjauan Rutilahu. Dalam kunjungan di Bukit Jimat Pangdam III menanam pohon Jati Jabon bersama Bupati Subang.

(Abdulah)


Komentar

Tampilkan

Terkini