Ratusan Rumah Terendah Banjir, Wabup Karawang Tinjau Langsung Lokasi Dan Beri Bantuan.

Rabu, 26 Mei 2021, Mei 26, 2021 WIB Last Updated 2021-05-25T21:27:19Z

Wabup Karawang saat memberikan bantuan secara simbolis untuk korban banjir




















Karawang,Ondatapublik.com - Banjir kembali terjadi di Kecamatan Telukjambe Barat Kabupaten Karawang, tepatnya di Desa Mekarmulya, Desa Mulyajaya, dan Desa Karangligar.(Selasa 25/5/2021.

Intensitas curah hujan yang tinggi di kawasan hulu, seperti Purwakarta, Bogor, dan Cianjur, membuat Sungai Cibeet dan Sungai Citarum meluap,ditambah hujan deras yang melanda Karawang beberapa waktu lalu membuat sekitar 110 rumah terendam banjir dan memaksa ratusan jiwa mengungsi ke tempat yang lebih aman lantaran ketinggian air semakin naik.

Ami (52), warga Dusun Pengasinan, Desa Karangligar mengatakan, banjir datang sekitar pukul 06.00wib.Saat ketinggian air semakin naik, Ia dan suaminya kemudian memutuskan untuk mengungsi.

"Pukul 15.00 WIB, air hampir 1 meter, kami mengungsi ke sini, rumah saudara,"ujarnya.

Ami tak mengira air setinggi itu. Ia baru sempat mengamankan separuh barang-barang.

Mengetahui hal tersebut, Wakil Bupati Kabupaten Karawang, H.Aep Syaepuloh, SE langsung meninjau lokasi terdampak banjir dan memberikan bantuan.

Wabup Karawang saat meninjau langsung rumah warga terdampak.

"Malam ini saya mendengar kabar adanya kenaikan debit air sungai Cibeet, saya langsung berkoordinasi dengan Ibu Bupati dr. Cellica Nurrachadiana, Kapolres, Dandim 0604, dan pihak BPBD Kabupaten Karawang  langsung turun ke lokasi banjir di Desa Karangligar."ujar Wakil Bupati

Banjir paling parah melanda Desa Karangligar karena banjir merendam setinggi pinggang orang dewasa. Puluhan kepala keluarga terpaksa mengungsi karena air semakin tinggi.

"Kita sudah minta BPBD untuk menyisir lokasi banjir dan membantu warga untuk evakuasi di lokasi paling dalam," Lanjutnya.

Selain membantu evakuasi warga yang terdampak, Pemerintah Kabupaten Karawang sudah menyiapkan logistik dan obat-obatan yang dibutuhkan warga terdampak banjir di tiga desa tersebut.

"Langkah pertama yang kita lakukan adalah membantu korban banjir. Pemerintah harus menjamin kebutuhan logistik, obatan-obatan dan kebutuhan warga. Ada ratusan jiwa yang terdampak, kita berharap banjir tidak meluas seperti banjir sebelumnya," kata Wakil Bupati  saat mengunjungi warga yang terdampak banjir. 

Dirinyapun menuturkan, Pemerintah Kabupaten Karawang terus berupaya mempercepat solusi terbaik bagi warga.

"Kami Pemerintah Daerah terus memantau dan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk permasalahan banjir ini.Semoga malam ini juga banjir bisa segera surut dan masyarakat bisa beraktifitas seperti biasanya aamiin." Pungkasnya. (Goem)


Komentar

Tampilkan

Terkini