Direktur LBH Barak Indonesia Mengecam Aksi Kekerasan Terhadap Wartawan

Minggu, 20 November 2022, November 20, 2022 WIB Last Updated 2022-11-20T09:02:50Z

 

Joen.SH. Direktur LBH Barak Indonesia Kecam Keras Kekerasan Terhadap Journalis.

Karawang,Online - datapublik.com - Joen.SH Direktur LBH Barak Indonesia merasa prihatin atas terjadinya  penganiayaan yang menimpa Abdul Rojak (29), asal Desa Gempolkarya, Kecamatan Tirtajaya, Karawang, babak belur dikeroyok Orang Tak Dikenal. (OTK)  saat korban hendak menghadiri acara pernikahan saudaranya di Dusun Tegalasem, Desa Kertasari, Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, Sabtu (19/11/22) malam.


Menurut Joen , aksi kekerasan terhadap Abdul Rojak  yang profesinya jurnalis  tidak bisa ditolerir apalagi jika wartawan itu  sedang melakukan peliputan.


" kami berharap  agar  aparat penegak hukum yakni Polsek Rengasdengklok untuk segera menangkap pelakunya, agar bisa diketahui apa motif yang  sebenarnya, sehingga Abdul Rojak dianiaya," tegas Joen.


Lebih lanjut Joen mengatakan. Meski Abdul Rojak sedang menghadiri acara pernikahan saudaranya, tetap saja  tindakan pengeroyokan itu adalah perbuatan melawan hukum, apalagi mengakibatkan korban babak-belur.


Terlebih lagi  lanjut Joen.SH,  jika  Abdul Rojak itu sedang menjalankan tugas jurnalistik,  tentunya aksi kekerasan itu  merupakan pelanggaran serius Undang-Undang nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.


“Jika Abdul Rojak itu sedang menjalankan tugas jurnalistik, maka kasus  ini merupakan serangan pada kebebasan pers dan masuk ke tindak pidana serius karena telah menghalangi dan menghambat kegiatan jurnalistik,  pelaku bisa dijerat pasal berlapis. Pasal 170 KUH Pidana  dan Undang- undang nomor 40 tahun 1999 Tentang Pers,” ujar Joen.SH


Lebih lanjut Joen.SH, mengatakan , padahal  jika memang ada hal yang perlu  ditanya atau diklarifikasi oleh mereka (OTK)   maka bisa dilakukan dengan cara  baik-baik, tanpa aksi kekerasan dengan pengeroyokan.


“Kalau memang ada yang mau ditanyakan, cukup ditanya aja dulu  baik-baik, tidak usah dengan  kekerasan, oleh karenanya kami berharap kepada pihak kepolisian agar sesegera mungkin menangkap OTK yang diduga melakukan pengeroyokan terhadap rekan wartawan, agar bisa diketahui motif apa yang sebenarnya, " imbuhnya (Sent)

Komentar

Tampilkan

Terkini