PPK di Lingkungan Dinas PUPR Karawang Tak Punya Nyali Tegur Kontraktor Nakal.

Selasa, 06 Juni 2023, Juni 06, 2023 WIB Last Updated 2023-06-06T03:34:55Z

 

Drs.Imron Rosadi: Ketua KMG


Karawang, Ondatapublik.com - Banyak proyek dilingkungan Dinas PUPR Karawang yang diduga  bermasalah terkesan dibiarkan oleh Dinas terkit. Permasalahan  yang diketahui   oleh Ondatapublik.com, khususnya pekerjaan normalisasi saluran dan normalisasi drainase. Selain tanpa adanya papan proyek, pekerjaannya juga asal asalan. Namun tak pernah  ada tindakan  tegas dari  Dinas PUPR,  bahkan Pejabat Pembuat Komitmen  (PPK) juga nyalinya ciut menghadapi kontraktor nakal.


Mirisnya lagi,  meskipun  dari berbagai pihak memprotes keras ,Karena diketahuinya pekerjaannya amburadul dan melanggar UU Keterbukaan Informasi Publik (KIP) namun  PPK terkesan tutup mata tutup telinga. Jadi wajar jika masyarakat menduga  telah terjadi konspirasi di tubuh Dinas PUPR Karawang. 


" Kalau persoalan seperti ini dibiarkan berlarut- larut, maka sudah pasti negara yang terus dirugikan. Masalah yang terjadi bukan hanya tahun ini saja, dari tahun sebelumnya juga terjadi masalah yang sama. Jadi upaya pemerintah untuk memberantas Tindak Pidana Korupsi sepertinya hanya retorika semata, " kata Imron Rosadi Ketua Karawang Monitoring Group .Senin (05/06/23) 


Menurut Imron, kontraktor berani nakal, sementara PPK nyalinya ciut menghadapinya pasti ada sebabnya .


" Alasannya pasti ada, mengapa PPK nyalinya ciut hadapi kontraktor nakal. Untuk mendapatkan proyek APBD yang ada di Dinas  basah itu, kontraktor harus siap berikan "Fee" sebagai pelicin agar  ditetapkan   menjadi pemenangnya, jadi tak heran, kalau kontraktor bekerja sesuka hatinya. Dengan demikian, sudah pasti negara yang tanggung kerugiannya, " jelas Imron.


Padahal lanjut Imron, dalam melaksanakan pekerjaan, kontraktor harus mempedomani Kerangka Acuan Kerja (KAK) tetapi pengawasan dari Dinas terkait  juga harus tetap dilaksanakan.


" Pengawas itu punya tugas dan tanggungjawab, pengawas harus senantiasa berada di lokasi pekerjaan. Setiap tahun proyek normalisasi saluran dan normalisasi drainase mendominasi dibanding proyek - proyek lainnya, tetapi pengawasan dari dinas terkait nyaris tidak pernah dilakukan," pungkasnya  (Sent)


Berikut proyek - proyek normalisasi. Tahun 2021 - 2023  yang diduga bermasalah disebabkan luput dari pengawasan : 


Sumber : www.jabarexpose.com


Sumber : alexanews.id

Sumber : Jurnalindonesiabaru.com


Sumber : suratberita.id 

Sumber : sinfonews.com

Sumber : portaljabar.net

Sumber : Jabar.pojoksatu.id

Sumber : beritapembaruan.id



Komentar

Tampilkan

Terkini