Pembangunan TPT Desa Gebangjaya Diduga Dikerjakan Tidak Sesuai Spesifikasi Teknis

Rabu, 08 November 2023, November 08, 2023 WIB Last Updated 2023-11-12T05:28:45Z


Karawang, Online_datapublik.com
- Pekerjaan pembangunan TPT (Tembok Penahan Tanah) di Dusun Tanjunggebang Desa Gebangjaya Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang Provinsi Jawa Barat, diduga dalam pengerjaannya tidak sesuai spesifikasi teknis pekerjaan.


Pasalnya, kegiatan pelaksanaan pekerjaan pembangunan TPT tersebut batu kali dipasang tanpa pondasi dalam kondisi banjir dan tidak ada pemasangan Kisdam serta upaya pengeringan terlebih dahulu airnya.


Hal tersebut diduga akibat kurangnya pengawasan dari instansi terkait, sehingga Tim Pelaksana Kegiatan Desa (TPKD) dalam melaksanakan tugasnya terindikasi asal jadi dan abaikan kuantitas serta kualitas suatu bangunan. Hal ini tentu perlu adanya uji materi, kuantitas dan kualitas pekerjaan pembangunan TPT yang harus dilakukan oleh pihak instansi terkait.


Dugaan tersebut berdasarkan hasil kroscek awak media online_datapublik.com dilokasi pada Senin (6/11/2023) yang menemukan kejanggalan terkait pekerjaan pembangunan TPT Desa Gebangjaya dalam pelaksanaannya. Hal ini sungguh sangat disayangkan.


Melihat di plang papan informasi proyek, kegiatan pekerjaan pembangunan TPT Desa Gebangjaya tersebut menelan anggaran sebesar Rp 88.000.000 yang bersumber dana dari Bantuan Keuangan Provinsi Jawa Barat Tahun 2023 dengan Volume P. 120 M X L. 0,30 X T. 1,50 M yang dikerjakan selama 1 bulan, namun dalam pelaksanaannya diduga dikerjakan kurang maksimal dan terkesan asal jadi.


Dengan adanya kejanggalan dalam kegiatan pelaksanaan pekerjaan pembangunan TPT tersebut, terindikasi Kepala Desa Gebangjaya diduga curi kuantitas dan kualitas bangunan demi meraup keuntungan besar.


Menurut warga setempat yang enggan disebutkan namanya saat diminta informasi terkait pekerjaan tersebut dirinya mengatakan bahwa pembangunan TPT tersebut kegiatan P3MD (Program dan Pemberdayaan Masyarakat Desa).


“Ini pekerjaan pemerintah desa Gebangjaya pak. Untuk lebih jelasnya silahkan tanya ke pak lurah atau pak Wakim saja,” tutur warga.


Hingga berita ini diterbitkan, sebelumnya awak media online_datapublik.com sudah berusaha menemui Kepala Desa Gebangjaya untuk konfirmasi terkait pembangunan TPT tersebut, namun sangat disayangkan kepala desa tidak ada di kantor maupun dikediamannya, bahkan saat dihubungi beberapa kali via WhatsApp nya pun tidak merespon.


(Alim)

Komentar

Tampilkan

Terkini