Pembukaan Pekan Gawai Dayak Kalbar Ke 38 Tahun 2024

Senin, 20 Mei 2024, Mei 20, 2024 WIB Last Updated 2024-05-21T08:50:34Z


Pontianak, Online_datapublik.com
- Pekan Gawai Dayak Kalimantan Barat (Kalbar) kembali hadir tahun ini dengan berbagai rangkaian acara menarik yang berlangsung di Rumah Radakng, Pontianak," Senin (20/5/2024).


Acara tahunan yang diinisiasi Sekretariat Bersama Kesenian Dayak (Sekberkesda) Kalbar ini merupakan perayaan budaya yang telah dimulai sejak tahun 1984 dan telah diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.


Tahun ini, Pekan Gawai Dayak memasuki penyelenggaraan ke-38 dan akan diisi dengan berbagai kegiatan yang menampilkan kekayaan budaya Dayak.


Disela-sela kesibukannya, ketua panitia Pekan Gawai Dayak Yulius Aho mengucapkan rasa syukur atas hasil panen selama satu tahun. Selain itu, menurutnya adat budaya ini adalah bentuk warisan leluhur nenek moyang yang patut di jaga dan terus dilestarikan.


"Yang terpenting adalah kita mengucapkan rasa syukur kepada tuhan karena atas kebaikannya kita diberikan hasil panen yang baik. Karnaval air ini pertama kali kita adakan," tuturnya.


Selanjutnya kata Yulius, Karnaval air ini diikuti ribuan peserta dari tiap perwakilan 14 kabupaten/kota yang ikut serta menyemarakan acara Pekan Gawai Dayak.


"Kami harap kedepannya acara ini menjadi acara yang akan ditunggu-tunggu oleh  masyarakat Kalimantan Barat," ungkapnya.


Adapun acara Pekan Gawai Dayak Kalimantan Barat ke-38 tahun 2024 ini dilangsungkan 20 sampai 25 Mei 2024 di Pontianak yakni memperkuat tradisi dan budaya Dayak untuk Indonesia raya.


(Ellisya)

Komentar

Tampilkan

Terkini