Rentan Ambruk, Proyek Normalisasi SP Gempolkarya Diduga Tidak Sesuai Spesifikasi Teknis Pekerjaan

Rabu, 19 Juni 2024, Juni 19, 2024 WIB Last Updated 2024-06-21T02:09:33Z

Karawang, Online_datapublik.com
- Akibat kurangnya pengawasan dari dinas PUPR Karawang, proyek Normalisasi SP Gempolkarya di Dusun Pangkalan Desa Gempolkarya Kecamatan Tirtajaya, diduga dalam pelaksanaannya tidak sesuai spesifikasi teknis pekerjaan," Rabu (19/6/2024).


Pantauan awak media dilokasi, proyek Normalisasi SP Gempolkarya yang sedang dikerjakan CV. MUTIARA PERSADA, diduga dalam pemasangan batu kali tanpa pondasi, tanah tidak digali terlebih dahulu, batu kali langsung dipasang dalam kondisi banjir tanpa ada upaya pengeringan air.


Menurut warga setempat, walaupun sudah dipasang kisdam, diduga proyek Normalisasi SP Gempolkarya dalam pelaksanaannya dinilai tidak maksimal. Pasalnya untuk pondasi tanah diduga tidak digali terlebih dahulu, batu kali langsung dipasang dalam kondisi banjir tanpa ada upaya pengeringan air terlebih dahulu, dikhawatirkan rentan ambruk.


“Percuma pasang kisdam juga kalau airnya masih banjir dan kelihatannya untuk pondasi tanahnya juga tidak digali. Seharusnya sebelum batu kali dipasang airnya disedot dulu pakai alkon biar kering atau tidak terlalu banjir, setelah itu baru batu kali dipasang. Gimana sih ini pengawasnya, coba jangan diam saja turun kelokasi tegur pelaksananya, pekerjaan seperti itu kok dibiarkan saja," tuturnya.


Sementara itu salah seorang pekerja saat dikonfirmasi terkait pemasangan batu kali yang diduga dipasang dalam kondisi banjir dan pondasi tanah diduga tidak digali terlebih dahulu, dirinya mengatakan bahwa itu semua dalam pengerjaannya dikerjakan sesuai arahan dari mandor pelaksana lapangan.


“Kalau saya sih bekerja sesuai arahan dari mandor pelaksana pak, mandornya tadi memang ada disini tapi sekarang sudah pulang. Kalau pengawas dari dinasnya saya tidak tahu pak, soalnya dari awal sampai sekarang tidak ada pengawas datang kesini. Untuk masalah pekerjaan silahkan langsung ke mandor saja, saya takut salah bicara pak,” ucapnya.


Hingga berita ini diterbitkan, sementara belum diketahui siapa pengawas dinas PUPR Karawang dan mandor pelaksana CV. MUTIARA PERSADA dalam proyek Normalisasi SP Gempolkarya tersebut.


(Alim)
Komentar

Tampilkan

Terkini