SWI DPD Karawang Gelar Rapat Bulanan

Rabu, 19 Juni 2024, Juni 19, 2024 WIB Last Updated 2024-06-21T01:52:17Z


Karawang, Online_datapublik.com
- SWI (Sekber Wartawan Indonesia) DPD Kabupaten Karawang mengadakan kegiatan rapat bulanan di Kantor Domisili bertempat Jalan Raya Batujaya," Rabu (19/06/2024).


Kegiatan rutin tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPD SWI Drs. Akhmad Yusup, yang dihadiri Sekertaris SWI DPD Karawang Bendahara satu Deden Yudaeni, Bendahara dua Jumar Setia Budi, bidang kerohanian Ustadz Ahmad Satibi Maulana serta jajaran anggota SWI.


Dalam rapat bulanan, Ketua Yusup memaparkan terkait Wartawan yang profesi organisasi yang tergabung dalam organisasi profesi SWI (Sekber Wartawan Indonesia) perlu diketahui oleh anggota dan jajaran SWI dalam hal keorganisasian.


Pertama yang Tergabung dalam SWI harus profesi nya wartawan, karena kita ini dalam organisasi kewartawanan, jadi yang bukan seorang wartawan tidak diperkenankan ada di SWI.


Kedua harus jelas medianya sesuai dengan Id card yang ada di bok redaksi, dan ketiga harus mengikuti serta mematuhi segala aturan organisasi dan tunduk terhadap aturan dalam AD/ART nya," papar Drs. Akhmad Yusup.


Lebih lanjut, Kegiatan rutin Rapat bulanan selain mengevaluasi kinerja, supaya kita ini sebagai Jurnalis lebih paham, memahami dan mumpuni tentang cara berorganisasi. 


Bukannya masuk dalam organisasi lalu kita tidak mengikuti kegiatan, konsekwensinya jika dibutuhkan oleh organisasi. Maka dari itu kita harus menyempatkan waktu untuk organisasi jikalau ada kegiatan seperti ini.


Dalam waktu dekat, kata Ketua SWI DPD Karawang, berencana akan membuat kantor representatif (Cabang) di setiap, masing-masing Dapil (Daerah Pemilihan) yang telah ditetapkan:


Dapil dua kantor representatif di kediaman Bendahara Deden Yudaeni jalan Raya Kuta Gandok Waluya Rengasdengklok.


Dan Dapil tiga dikediamannya M Nasir/Bejo Pakisjaya. Kemudian dapil enam di kediaman Agus Hendrayana (Teguh) di wilayah kawasan Daerah Johar Karawang.


Untuk selanjutnya seperti Dapil Satu, Empat dan Lima, secara estafet nanti menyusul dan untuk itu, anggota SWI di dapil tersebut yang menyatakan siap secepatnya ditunggu saat ini di dahulukan, diprioritaskan terlebih dahulu yang menyatakan siap," tutur Akhmad Yusup.


Tujuan Representative office, memperluas jangkauan informasi di setiap wilayah Desa dan Kecamatan se-Kabupaten Karawang dalam memberikan layanan sebagai jurnalis yang aktivitasnya memiliki Peran dan Tanggungjawab Menulis, menganalisis, melaporkan suatu peristiwa kepada khalayak melalui media massa secara teratur, memeriksa ke autentikan suatu informasi yang akan disampaikan.


Melakukan wawancara kepada narasumber demi memperoleh informasi akurat untuk disampaikan ke publik sesuai KEJ, kode etik jurnalistik.


Kantor Cabang (Representatif Office) Agar Jurnalis yang tergabung di SWI (Sekber Wartawan Indonesia), jangkauannya lebih mudah, ketimbang ke kantor domisili DPD SWI yang ada di Batujaya, misalkan, dari Cikampek atau dari Cilamaya dan Loji mereka lebih jauh, kalau sudah ada Kantor dimasing-masing dapil lebih cepat dan mudah untuk berinteraksi dan komunikasi sesama kawan seprofesi.


Kalau sudah ada Kantor Representative (Kantor Cabang) Ketua dapil Bendahara dan Sekertaris serta jajarannya, masukan dalam daftar bok SWI agar diketahui oleh DPD Karawang.


Bukan hanya itu saja, atribut baju seragam PDH, Topi, Rompi, Kaos gratis, tidak dipungut biaya Se-senpun oleh Ketua DPD Sekber Wartwan Indonesia (SWI) Karawang, pesan ketua DPD SWI "Profesional Dan Sejahtera 


Wartawan adalah profesi, yakni harus didasari pengetahuan dan keterampilan, sekalipun dulu otodidak dan sekarang harus berpendidikan resmi, lantas memiliki organisasi profesi yang didalamnya harus pula punya kode etik. Yang penting, wartawan harus punya integritas, kesetiaan pada profesi untuk membela rakyatnya, terutama rakyat yang dizalimi." ― Rosihan Anwar.


Oleh karena itu, yo kita sama-sama berjalan searah di organisasi profesi SWI, bantu yang lemah apabila dibutuhkan agar kita sebagai Jurnalis lebih bermanfaat bagi umat dan diri pribadi," tutup Yusup.


(Red)

Komentar

Tampilkan

Terkini