Umat Budha se-Jawa Barat Rayakan Hari Puja Bhakti Waisak di Candi Jiwa

Minggu, 02 Juni 2024, Juni 02, 2024 WIB Last Updated 2024-06-06T04:56:51Z


Karawang, Online_datapublik.com
- Umat Budha se-Jawa Barat merayakan Hari Puja Bakti Waisak di Candi Jiwa Batujaya, Karawang. Acara perayaan dihadiri Bupati Karawang H. Aep Syaepuloh bersama unsur Forkopimda, pada Minggu 2 Juni 2024.


Candi Jiwa yang terletak di wilayah Desa Segaran Kecamatan Batujaya Kabupaten Karawang Provinsi Jawa Barat ini jadi tempat istimewa, sebab Candi Jiwa jadi tujuan utama sekaligus lokasi perayaan Hari Puja Bakti Waisak bagi umat Budha se-Jawa Barat.


Usai prosesi perayaan Hari Puja Bakti Waisak, Bupati Karawang H. Aep Syaepuloh mengatakan bahwa perayaan Waisak kali ini merupakan momen penting sekaligus momen istimewa. Terlebih Karawang dikenal sebagai daerah paling toleran selama berabad-abad.


“Selamat Hari Puja Bakti Waisak, tadi saya baru saja mengikuti prosesi Hari Puja Bakti Waisak. Alhamdulillah berlangsung lancar dan khidmat. Tadi juga saya lakukan penyerahan amisa puja, hingga pemercikan tirta waisak,” ujarnya.


Dalam perayaan tersebut, Bupati Aep dan Dirjen Binmas Budha Kementrian Agama serta para Bante, menekankan pentingnya toleransi dalam kemajemukan dan menghargai perbedaan.


“Para Bante umat Budha memberikan pesan kepada kita semua tentang arti toleransi, moderat dan menghargai kemajemukan," kata Bupati.


"Sebagai kepala daerah, saya sangat bangga dan begitu mengapresiasi seluruh tokoh agama dan masyarakat Karawang yang dikenal sangat baik dalam hal kerukunan beragama sejak dahulu,” sambungnya.


Sementara itu, Bante Kemacaro Mahathera yang merupakan sesepuh umat Budha di Jawa Barat menjelaskan, Candi Jiwa, termasuk Kabupaten Karawang memiliki sejarah yang panjang bagi umat Budha. Itu sebabnya, seluruh umat Budha di Jawa Barat menggelar prosesi Hari Puja Bakti Waisak di Candi Jiwa.


“Candi berdiri sejak abad ke-5 atau ke-7 Masehi, bertepatan dengan pemerintahan kerajaan Tarumanegara, tentu ini memiliki sejarah yang panjang bagi kami umat Budha dengan peninggalan candi yang bercorak Hindu ini,” bebernya.


Selain itu, lanjut Mahathera, Karawang juga merupakan daerah paling majemuk dan paling rukun di Jawa Barat. Dengan digelarnya prosesi perayaan Hari Puja Bakti Waisak di Karawang, diharapkan bisa membawa semangat persatuan.


“Karawang memang paling majemuk di Jawa Barat, kita mengetahui toleransi di sini paling dikenal sejak dulu. Perayaan Hari Puja Bakti Waisak di Karawang ini juga diharapkan dapat membawa semangat baru untuk perubahan lebih baik, serta membawa pesan persatuan antar umat beragama,” pungkasnya.


(Alim)

Komentar

Tampilkan

Terkini