Diduga Akibat Konstruksi Bangunan Tidak Kokoh, Pagar Situs Candi Jiwa Batujaya Ambruk

Sabtu, 06 Juli 2024, Juli 06, 2024 WIB Last Updated 2024-07-06T12:16:52Z


Karawang, Online_datapublik.com
- Pagar situs Candi Jiwa yang terletak di wilayah desa Segaran kecamatan Batujaya kabupaten Karawang provinsi Jawa Barat ambruk," Sabtu (6/7/2024) siang.


Ambruknya pagar tersebut diduga akibat kontruksi bangunan tidak kokoh dan posisi pagar bersebelahan dengan area pesawahan milik warga.


Dari informasi yang di himpun awak media, pagar tersebut di bangun oleh pemerintah pada tahun 2020 lalu, artinya kurang lebih 4 tahun pagar tersebut di bangun.


Dari peristiwa ambruknya pagar situs Candi Jiwa tersebut, warga menilai adanya dugaan akibat lemahnya pengawasan saat pelaksanaan pembangunan oleh dinas terkait. Pasalnya, baru saja kurang lebih 4 tahun pagar tersebut sudah ambruk.


"Pembangunan pemagaran situs Candi Jiwa diduga baru 4 tahun dikerjakan sudah ambruk, artinya waktu pelaksanaan kurang pengawasan dari pihak dinas terkait," kata DJ salah satu warga kecamatan Batujaya dalam status WhatsApp-Nya, Sabtu (6/7/2024).


Pagar situs Candi Jiwa yang ambruk panjangnya kurang lebih ada sekitar 20 meter dan untungnya dalam insiden tersebut tidak memakan korban.


Diketahui, situs Candi Jiwa merupakan cagar budaya. Menurut para ahli, situs Candi Jiwa adalah peninggalan kerajaan Hindu-Budha dan menjadi candi tertua di provinsi Jawa Barat.


Bangunan situs Candi Jiwa itu sendiri diperkirakan dibangun pada masa kerajaan Taruma nagara sampai jaman kerajaan Sunda.


(Red)

Komentar

Tampilkan

Terkini