DPC Perhimpunan Advokat Indonesia Pontianak Resmi Dilantik dan Dikukuhkan

Jumat, 26 Juli 2024, Juli 26, 2024 WIB Last Updated 2024-07-28T09:19:34Z


Pontianak, Online_datapublik.com
- Dalam kegiatan Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Advokat Indonesia, sejumlah awak media mewawancarai Ketua Umum Pusat Peradi, Prof. DR. Otto Hasibuan SH. MM, Jumat (26/07/2024) di Hotel Golden Tulip Pontianak.


Dalam wawancara tersebut pihaknya mengatakan bahwa dengan melakukan pelantikan DPC Peradi Pontianak dan dewan kehormatan juga PBH peradi, sepemgetahuannya Peradi di pontianak sangat solid.


"Dengan dilantiknya dewan kehormatan ini bertujuan agar bisa sungguh-sungguh bertugas dalam menegakkan kode itik advokat, karena bagaimana pun, seberapa hebatnya dan pintarnya seorang advokat, kalau dia tidak bisa menjunjung tinggi kode etik Advokat Indonesia tetap tidak bisa menguntungkan pencari keadilan," ujarnya.


Menurutnya, tujuan dari pelantikan dan pengukuhan ini untuk mencari keadilan justice stecer, dan itu merupakan tugas utama dari advokat untuk di junjung.


"Kami senang banyak Advokat yang bersedia menjadi anggota Pusat Bantuan Hukum Peradi, karena menjadi pengurus PBH itukan sebenarnya tidak di bayar, mereka bertugas cuma-cuma," tutur Otto.


Selanjutnya kata dia, seorang Advokat itu bekerja tidak menerima bayaran, tapi untuk membela rakyat dan itulah yang menjadi dorongan pihaknya kepada pengurus Advokat.


"Kita bertahan dan berjuang untuk memberikan pembelaan secara cuma-cuma kepada masyarakyat yang tidak mampu dan membutuhkan," ucap Otto.


Lebih lanjut Otto menjelaskan, ada dua hal yang disebut tidak mampu. Pertama tidak mampu secara ekonomi dan tidak mampu secara sosial dan secara politik. Dalam hal ini, Peradi wajib memberikan bantuan hukum secara progono atau gratis.


"Kita harapkan nanti mudah-mudahan dengan adanya pelantikan pengurus yang baru ini bisa dapat selalu menegakkan hukum dan keadilan di Pontianak," pungkasnya.


(Lisa)

Komentar

Tampilkan

Terkini