Gandeng Awak Media, Bawaslu Karawang Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Kelompok Sebaya Pilkada 2024

Jumat, 05 Juli 2024, Juli 05, 2024 WIB Last Updated 2024-07-05T12:55:16Z


Karawang, Online_datapublik.com
- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karawang mengadakan sosialisasi pengawasan partisipatif bagi kelompok sebaya bersama awak media dalam rangka Pemilu 2024. Acara ini berlangsung di Rumah Makan Pawon se-Kecamatan Telukjambe Timur pada Jumat, 5 Juli 2024.


Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengawasi jalannya Pemilu 2024. 


Dalam acara tersebut, Bawaslu Karawang menggandeng awak media sebagai mitra strategis untuk menyebarluaskan informasi terkait pentingnya pengawasan partisipatif dalam proses demokrasi.


Bagian Pengawasan dan Humas, Edralin Hayckel dalam sambutannya menyatakan bahwa peran media sangat krusial dalam memastikan Pemilu berjalan secara jujur dan adil. 


“Media memiliki peran penting dalam mengedukasi masyarakat tentang pengawasan partisipatif. Dengan demikian, kita dapat mencegah pelanggaran dan memastikan Pemilu 2024 berlangsung dengan integritas,” ujarnya.


Dalam sesi diskusi, peserta berdiskusi mengenai berbagai bentuk pelanggaran pemilu yang mungkin terjadi.


Bawaslu Karawang melalui Ade Permana sebagai Divisi Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat berharap melalui sosialisasi ini, kesadaran masyarakat akan pentingnya pengawasan partisipatif meningkat, sehingga dapat tercipta pemilu yang bersih dan transparan di Kabupaten Karawang.


"Membangun kesadaran itu membutuhkan waktu, tidak bisa instan. Jadi saya berharap rekan-rekan bisa bersinergi untuk membangun kesadaran masyarakat," tutur Ade Permana.


Ade Permana menegaskan bahwa Bawaslu selalu berkoordinasi dengan stakeholders lain.


"Kita tidak bergerak sendiri, selalu berkoordinasi dengan stakeholders yang lain seperti pemerintah daerah," tutur Ade.


Acara ini merupakan bagian dari upaya Bawaslu untuk memperkuat pengawasan di tingkat akar rumput, dengan harapan seluruh elemen masyarakat dapat berperan aktif dalam menjaga proses demokrasi yang sehat dan kredibel.


Pada akhir acara, Bawaslu memberikan cendera mata berupa gelas bagi peserta yang memberikan pertanyaan pada saat diskusi.


(Red)

Komentar

Tampilkan

Terkini