Jelang Pilkada 2024, DPD IWO Indonesia Subang Gelar Diskusi Publik

Sabtu, 13 Juli 2024, Juli 13, 2024 WIB Last Updated 2024-07-24T00:44:52Z


Subang, Online_datapublik.com
- Guna mendukung pelaksanan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada November 2024 mendatang,  Ikatan Wartawan Online Indonesia (IWOI) DPD Kabupaten Subang menggelar Diskusi Publik, Selasa (13/07/2024) di Sari Ater Spring Resort.


Tema yang diangkat dalam diskusi kali ini ialah "Menjaring Harapan Kriteria Calon Pemimpin Kabupaten Subang 2024-2029", kegiatan berjalan sukses.


Kegiatan dihadiri Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) IWOI, RA. Icang Rahadian. SH., Ketua KPU Subang, Komisioner Bawaslu Subang, Ketua Kadin, Ketua MUI Subang, Tokoh Seniman dan Budaya, Tokoh Masyarakat, Akademisi, Mahasiswa dan tamu undangan lainnya.


Ketua DPD IWOI Subang, H. Dadang Hidayat mengatakan, diskusi publik ini digelar dengan mengambil tema 'Menjaring Harapan Kriteria Calon Pemimpin Kabupaten Subang 2024-2029' yang merupakan jadi ajang tukar pendapat, pandangan dan gagasan dengan melibatkan berbagai narasumber yang kompeten.


Menurutnya, Pilkada sudah di depan mata. Oleh karenanya masyarakat harus mengambil peran dan mempunyai hak untuk memilih calon kepala daerah yang berkualitas.


"Beragam narasumber kita hadirkan, dan sesuai dengan kompetensi nya masing-masing, " kata Dadang.


Ketua KPU Subang, Abdul Muhyi mengapresiasi, IWOI mengambil inisiatif dalam menyelenggarakan Diskusi Publik tersebut. Inisiatif ini bertujuan untuk mendukung Pilkada Serentak 2024.


"Tingkat partisipasi Pilkada tahun 2018 sebanyak 73 persen dari jumlah daftar pemilih tetap. Oleh karenanya, pihaknya meminta ke tiap elemen dan lapisan masyarakat agar membantu meningkatkan partisipasi pemilih di Pilkada 2024 ini bisa tembus di angka 87 persen," ungkapnya.


Atas nama Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Subang, Abdul Muhyi menyampaikam apresiasi yang setinggi-tingginya kepada IWOI Subang atas pelaksanaan Diskusi Publik dalam tema 'Menjaring Harapan Kriteria Calon Pemimpin Kabupaten Subang 2024-2029' ini, dengan bertajuk 'Pilkada Didepan Mata'.


"Mari kita sama-sama menyukseskan, tetap menjalin hubungan yang baik, menjaga kondusifitas Kabupaten Subang untuk menyambut pemimpin Subang yang akan datang," katanya.


Sementara itu di kesempatan sama, Ketua Bawaslu kabupaten Subang yang diwakili Kordiv SDMO Imanudin menyampaikan, bila dalam pelaksanaan Pemilukada akan terdapat sedikitnya dipetakan ada 4 indek kerawanan yang menyertainya. 


"Pertama netralitas unsur ASN, TNI/POLRI, kedua profesionalitas penyelenggara, ketiga money politik dan keempat kontestasi antara peserta pemilu. Adapun katagori jenis pelanggaran Pemilu ada 3 macam yaitu pelanggaran administratif, dugaan tindak pidana pemilu dan kode etik," tuturnya.


Ketua KADIN Subang Agus, mengatakan perhelatan Pilkada sangat berpengaruh terhadap perekonomian di daerah. Oleh karena itu, di Pilkada 2024 ini harus menghasilkan kepala daerah yang berkualitas. 


"Tentu saja, menyokong. Oleh karena itu, kami para pengusaha Subang menginginkan kepala daerah yang bisa membangun ekonomi Subang lebih baik," jelas Agus.


(Abdulah)

Komentar

Tampilkan

Terkini