Kenalkan Lingkungan Sekolah, Siswa-Siswi Baru Ikuti MPLS di SMPN 1 Rengasdengklok

Senin, 22 Juli 2024, Juli 22, 2024 WIB Last Updated 2024-07-22T13:33:56Z


Karawang, Online_datapublik.com
- Ratusan siswa-siswi tahun ajaran baru Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Rengasdengklok mengikuti hari pertama Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Senin, 22 Juli 2024.


Kegiatan MPLS diawali dengan upacara dan perkenalan seluruh instrumen yang terkandung di dalam sekolah.


Kepala SMPN 1 Rengasdengklok, Asma, S.Pd., M.Pd., mengatakan bahwa MPLS tahun ini diikuti oleh 440 siswa baru. Mereka akan dibimbing dan diarahkan tentang visi misi sekolah agar para siswa memiliki kesamaan visi terhadap apa yang dituju oleh sekolah.


“Bagaimana aturan-aturan di SMP serta tata belajar akan diperkenalkan kepada para siswa, karena sudah pasti sistem belajar di SMP berbeda semasa SD. Perkenalan tersebut diperlukan agar para siswa dapat langsung beradaptasi dengan lingkungan sekolah,” ucapnya.


Selain itu menurutnya, MPLS sangatlah penting dilaksanakan, karena ini masa pengenalan bagi peserta didik yang baru untuk mengenalkan setiap lingkungan sekolah dan ruangan sekolah. 


Ia berharap dengan MPLS kali ini, hubungan antara guru dan siswa dapat terjalin dengan baik ke depannya.


“Dengan demikian, si anak akan tahu apa yang akan mereka hadapi ke depannya dengan seluruh instrumen dan suasana yang berbeda, pengajar yang berbeda, dan kurikulum yang berbeda," ungkap Asma.


Tentunya lanjut Asma, kita membutuhkan dukungan orang tua agar seluruh kegiatan kita di sekolah berjalan dengan baik ke depannya. Dengan kembali aktifnya belajar tatap muka bagi siswa baru, ke depannya tidak akan ada lagi ketimpangan pendidikan kepada para murid di sekolah. 


"Kembalinya siswa bersekolah tatap muka di tahun ajaran baru ini merupakan hal yang sangat menggembirakan. Kesan pertama dalam pertemuan di sekolah adalah hal yang sangat penting bagi pendidikan anak," ungkapnya.


Selanjutnya kata Asma, MPLS yang digelar di SMPN 1 Rengasdengklok ini juga menyajikan pendidikan karakter serta kedisiplinan diri untuk para siswa baru. Materi akan diberikan oleh orang-orang yang berkompeten di bidangnya. 


“Untuk karakter dan kedisiplinan, kita akan memberikan materi agar dapat membentuk karakter anak sejak awal masuk sekolah," jelasnya.


Ia berharap ke depannya seluruh siswa dapat menjalankan pendidikan dengan baik hingga menjadi orang yang berhasil dan sukses serta dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.


(Red)

Komentar

Tampilkan

Terkini