Parah!! Anggaran Ratusan Juta Rupiah Proyek Penurapan Saluran Irigasi Dikerjakan Asal Jadi

Senin, 08 Juli 2024, Juli 08, 2024 WIB Last Updated 2024-07-08T11:19:49Z


Karawang, Online_datapublik.com
- Lagi-lagi proyek dinas PUPR Karawang dikerjakan asal jadi. Kali ini, dinas PUPR Karawang melalui mitra kerja CV. KARYA USTON RIZANDY merealisasikan proyek berupa penurapan saluran irigasi Wakil Salam di dusun Kedungjaya RT 01/01 desa Kedungjaya kecamatan Cibuaya," Minggu (7/7/2024).


Pantauan ondatapublik.com dilokasi, nampak terlihat dengan jelas dalam mekanisme teknis pekerjaan proyek tersebut dikerjakan asal-asalan, diduga tidak sesuai spesifikasi.


Pasalnya batukali langsung dipasang dalam kondisi banjir tanpa ada upaya pengeringan air terlebih dahulu. Selain itu tidak nampak adanya galian tanah dan pemasangan kisdam atau penyediaan Alkon (alat penyedot air) dilokasi, dikawatirkan proyek tersebut rentan ambruk.


Dilokasi pekerjaan, Joni selaku mandor pelaksanan lapangan saat dikonfirmasi mengatakan, proyek penurapan saluran irigasi Wakil Salam tersebut aspirasi anggota DPRD Karawang fraksi partai Golkar dapil 3 inisial SA.


"Pemborongnya sih inisial OD warga desa Kalidungjaya kecamatan Cibuaya, kalau proyeknya aspirasi dari bu dewan SA," ungkapnya.


Saat disinggung terkait pemasangan batukali dipasang dalam kondisi banjir dan tidak adanya penggalian tanah, Joni membantah bahwa dalam mekanisme teknis pekerjaan tersebut dikerjakan sesuai spesisifikasi.


"Itu juga dibendung pak, ini cuman masang batukali saja dulu, nanti setelah dibendung batukali langsung dikasih adukan pasir semen," dalihnya.


Selanjutnya kata mandor Joni, pekerjaan penurapan saluran irigasi yang sedang dikerjakan tersebut sudah berjalan selama kurang lebih 3 hari. Adapun untuk panjangnya 135,50 meter kiri kanan dengan ketinggian 0,80 cm.


"Kalau lebar bawahnya 40 cm, atasnya 30 cm. Kerjaannya baru 3 hari pak, ini juga selang-seling ngerjainnya, kan kemarin hujan jadi tidak bisa kerja, sekarang baru mulai lagi," ucapnya, Minggu (7/7/2024) siang dilokasi proyek.


Dilain hari, inisial OD yang disebut-sebut mandor Joni sebagai pemborong ketika dikonfirmasi via chat WhatsApp pribadinya mengatakan bahwa proyek yang sedang dikerjakan CV. KARYA USTON RIZANDY tersebut bukan miliknya.


"Bukan pak, saya bukan pemborongnya. Saya tim anggota DPRD Karawang fraksi partai Golkar dapil 3 inisial SA. Saya cuman mengajukan saja," ucapnya, Senin (8/7/2024).


"Saya tidak tahu mandor dan pemborongnya siapa, saya cuman sebagai tim suksesnya bu dewan SA yang mengajukan aspirasi warga saja, begitu pak," tandasnya.


Hingga berita ini diterbitkan belum diketahui siap pemilik atau pelaksana proyek tersebut atas nama CV. KARYA USTON RIZANDY.


Dengan adanya hal tersebut, dimohon dinas terkait dalam hal ini PUPR Karawang segera turun langsung kelokasi, apabila dalam mekanisme teknis pekerjaan penurapan saluran irigasi tersebut tidak sesuai spesifikasi harap ditindak tegas sesuai aturan yang berlaku.


(Red)

Komentar

Tampilkan

Terkini