Pj Bupati Subang Pimpin Rapat Evaluasi MCP KPK, IRDA Subang Ungkap Upaya Pencegahan Korupsi Capai Angka 86,13

Rabu, 17 Juli 2024, Juli 17, 2024 WIB Last Updated 2024-07-23T16:37:47Z


Subang, Online_datapublik.com
- Penjabat (Pj) Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.Cd memimpin Rapat Evaluasi Monitoring Center for Prevention (MCP) KPK RI di Lingkungan Daerah Kabupaten Subang tahun 2024, bertempat di Ruang Rapat Bupati II, Rabu (17/07/2024).


Monitoring Center for Prevention (MCP) adalah program kolaborasi yang bertujuan untuk mendorong optimalisasi upaya pencegahan korupsi agar tercipta tata kelola Pemerintah Daerah yang bersih dan bebas dari korupsi.


Inspektur Inspektorat Daerah (Irda) Kabupaten Subang Memet Hikmat menyampaikan, fokus area pencegahan korupsi Pemerintah Daerah tahun 2024 terdapat 8 area, 26 Indikator dan 62 Sub Indikator.


“Dimana 8 Area tersebut meliputi Perencanaan, Penganggaran, Pengadaan Barang dan Jasa, Pelayanan Publik, Pengawasan APIP, Manajemen ASN, Pengelolaan BMD, dan Optimalisasi Pajak Daerah,” ujarnya.


Selanjutnya, Inspektur Irda juga menyampaikan bahwa pada tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Subang memiliki capaian nilai MCP di angka 86,13 dan target di 2024 yaitu di angka 90.


Sementara itu, Pj. Bupati Subang Dr. Imran menyampaikan bahwa dalam meningkatkan angka capaian MCP, Pemerintah Daerah harus bersinergi, bekerja sama dengan sebaik mungkin, sehingga target yang telah ditetapkan dapat tercapai, bahkan melebihi nilai tersebut.


“Ini tidak akan bisa kita lakukan tanpa kita bekerja bersama-sama. Semua mempunyai peran disini. Kita duduk bareng untuk bicarakan hal ini," tuturnya.


Pj. Bupati juga menjelaskan, target capaian yang tinggi tersebut, merupakan bukti atas komitmen Pemerintah Daerah dalam menyelesaikan permasalahan korupsi.


“Kenapa kita pasang target tinggi? Itu menunjukan komitmen pemda untuk menyelesaikan masalah korupsi," ujarnya.


Oleh karena itu, Pj. Bupati mengharapkan melalui rapat evaluasi ini, dapat terjalin sinergitas, saling kerja sama, bukan hanya tentang strategi, tetapi memverifikasi apakah laporan yang dibutuhkan tersedia, dan telah memenuhi indikator yang dibutuhkan.


Selain itu, Pj. Bupati juga berharap, laporan yang telah disiapkan dapat terkumpul sebelum waktu penutupan pengumpulan laporan, sehingga terdapat waktu untuk memperbaiki, memverifikasi dan memvalidasi.


“Kita sama sama untuk memverifikasi apa yang kita laporkan. Mudah-mudahan dengan verifikasi yang dilakukan, apa yang belum terlaporkan itu terlaporkan, apa indikator yang belum terpenuhi dapat terpenuhi. Pemenuhan laporan upayakan itu jauh hari sebelum closing up, sehingga ada waktu untuk memperbaiki, memverifikasi dan memvalidasi," ungkapnya.


Pj. Bupati Subang juga berharap, semua pihak mampu berkontribusi dengan baik. Dengan kerja bersama dan kontribusi yang baik, maka target yang telah ditetapkan dapat tercapai.


“Saya mohon, karena ini kerja bareng, semua harus berkontribusi dengan baik, ini kerja kita bersama untuk kita bersama. Kita harus mempunyai rasa ini kita kerja bareng. Saya harap forum koordinasi ini bisa saling memenuhi. Tanpa ada sinergitas, tidak bisa ini kita selesaikan dengan baik. Mari kita maju bergerak bersama, saya yakin angka itu bisa kita capai," pungkasnya.


Hadir pada kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, Para Asda, Para Kepala Dinas, Para Kabag Lingkup Setda Subang, serta tamu undangan lainnya.


(Abdulah

Komentar

Tampilkan

Terkini