IKAMA Kalimantan Barat Gelar Rapat Koordinator Wilayah

Senin, 12 Agustus 2024, Agustus 12, 2024 WIB Last Updated 2024-08-12T04:10:11Z


Pontianak, Online_datapublik.com
- Dikatakan oleh ketua DPP IKAMA H. muhamad Rawi pada awak media bahwa ini bukan hanya program komunitas madura saja tetapi ini program koperasi dan kesehatan seluruh komunitas yang ada di Kalimantan Barat ada suku Dayak, suku Melayu, suku Jawa, juga," katanya.


Ini semua bagian dari program IKAMA yang ditawarkan salah satunya koperasi yang selama ini kenapa, karena koperasi ini di tonjolkan karena penyakit di masyarakat khusus nya di pasar-pasar yang seperti bank penjol, bank mekar itu kan menjerat," jelasnya.


Dan maka IKAMA hadir mengadakan koperasi semata-mata memberi solusi itu yang pertama, lalu bagaimana uangnya, koperasi yang bermitra dengan bank swasta, BUMN, nanti akan kita berikan pendidikan kemasyarakatan yang selama ini terjerat oleh pinjaman koperasi yang terjerat dan bebani seperti pedagang kaki lima dan warung-warung keciI.


Lalu kedua kesehatan ini di samping pasilitas dari Negara yang namanya BPJS itu satu anggota keluarga kalau ada lima ya lima-limanya itu harus menjadi anggota BPJS bisa dapat pelayanan tapi di IKAMA tidak, kalau yang belum terjangkau cukup hanya kepala keluarga saja yang jadi anggota Ikama dia bisa menggunakan kartu anggota bisa berobat ke klinik yang sudah dibuat IKAMA mas Windy bagian operator klinik tidak tahu apanya.


Dan mungkin tergantung nama populernya yang ada di Kalbar ini saja jadi program terakhir Advokasi selama ini saudara-saudara kita dengan karakter budaya berbeda-beda suka ada bentrokan dan kami ingin membimbing mereka jangan pula mereka itu mengatasnamakan Madura tetapi di tentang oleh IKAMA dan sebagai nya," pintanya.


Ini kita akan perangi bersama jika mereka tidak memahami akan budaya kita ayo kita pulangkan bersama-sama jangan mengganggu kehidupan sosial di Kalimantan Barat ini.


Kalau untuk Pilkada di Kalbar ini pesta demokrasi yang di lindungi oleh undang-undang, maka Ia meminta seluruh konitas madura yang ada di kalbar dan komunitas lainnya kita silakan dukung siapa pun tapi paska itu tidak boleh memperdebatkan selama memenuhi standar KPU dan sebagainya tidak boleh membuat keributan apalagi menyangkut RAS SARA itu tidak boleh.


Maka saya minta ketua DPD IKAMA kalbar pak sunandar dan bang surif semua ketua harus berperan aktif memberikan kesadaran pada masyarakat jangan sampai. menjelek-jelek kan salah satu kandidat lain nya itulah gubernur kita dan itu lah wali kota pilihan kita," ungkapnya.


Ditempat yang sama ketua DPD IKAMA kalbar H.Sunandar menambahkan ini menentukan presefsi artinya pada hari ini kami berkumpul mengadakn Rakorwil ini tidak ada hubungan bejalan nya pada waktu dekan ini yaitu pikada ini murni kami Rakorwil karena kebetulan memang setiap bulan Agustus kami akan mengadakan rakorwil di seluruh Indonesia dengan pergantian waktu 


Jadi kalau ada isu yang berkembang di lapangan IKAMA mengadakan rakorwil hanya memancing tokoh-tokoh atau kandidat untuk merapat ke kami itu salah karena tujuan kami tidak kesana ini murni 


Nah apabila ada kandidat mendekat atau meminta kepada kami mungkin kami perlu diskusi lagi dan akan mengambil sikap masing-masing karena kami ini satu kesatuan dan IKAMA sendiri di kalbar ini jujur kami memang sampai ketingkat bawah dan memang kami kisruh dengan masyarakat bawah," paparnya.


Sudah tidak asing lagi karena memang IKAMA itu programnya pertama hari ini meluncingkan ada tiga program UMKM, kesehatan dan hukum advokasi, kedepan kami akan mungkin dalam waktu dekat kami akan menempati kantor kami dulu yang lokasi nya di pontianak Utara sekretariatnya.


Terusnya," mungkin kami akan membangun satu tempat kesehatan yaitu klinik yang akan di beri nama klinik Retan dari bahasa madura kalau di artikan suadara ber arti klinik suadara jadi siapapun boleh tanpa memandang itu golongan manapun atau RAS manapun boleh di klinik kita itu bebas mau gabung ke klinik kita boleh iuran sangat murah kok perbulan nya hanya 10 ribu sampai 15 ribu. 


Jadi mereka sakit boleh berobat kesana tanpa dipungut biaya dengan catatan harus punya kartu anggota ikama, jadi kesehatan itu untuk di ikama khusus madura oh tidak kalau. Emang mau bergabung silakan karena ikama terbuka


Bukan hanya pengurus ikama sendiri kalau di struktur murni nya memang khusus keluarga besar madura akan tetapi di non strukturnya ada yang nama nya dewan kehormatan boleh siapa saja masuk di situ apakah saudara kita yang Melayu, cina maupun dayak. 


Mungkin nanti kami akan dirikan di setiap kecamatan se-Kalimantan Barat itu klinik kami akan berdiri disitu kan tak mungkin kan tetangga ada yang sakit memerlukan klinik kita kebetulan klinik kita berdekatan dengan saudara kita Melayu atau Dayak kemudian kita tolak tidak ada jalannya kita tolak jadi kita akan pasilitasi dan kita akan bantu syukur-syukur mereka mau masuk jadi anggota ikama," ungkapnya.


( lisa )

Komentar

Tampilkan

Terkini