Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Karawang, Sosialisasikan Layanan Pak Haji

Jumat, 25 Oktober 2024, Oktober 25, 2024 WIB Last Updated 2024-10-25T12:01:30Z

Karawang, Online_datapublik.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Karawang menggelar Sosialisasi Sistem Integrasi Layanan Publik pada Pelayanan WhatsApp Karawang Handal dan Teruji (Pak Haji) yang dilaksanakan di Aula Lantai 3 Gedung Singaperbangsa, Kamis (3/10/2024).


Kepala Diskominfo Kabupaten Karawang, Wahidin, SE, M.Si menjelaskan bahwa Pak Haji merupakan inovasi digital yang sangat penting dalam upaya meningkatkan pelayanan publik di Kabupaten Karawang.


"Sebagaimana kita ketahui bersama, saat ini terdapat banyak aplikasi layanan publik yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Karawang, sehingga diperlukan sebuah portal yang dapat mengakses seluruh aplikasi layanan publik tersebut melalui satu platform digital," ujarnya.


Ia menambahkan, dengan mengintegrasikan seluruh layanan publik tersebut ke dalam satu portal layanan publik, dapat meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas layanan publik di Karawang.


"Salah satu langkah konkrit yang dilakukan adalah pengembangan Pak Haji, sebuah platform berbasis Whatsapp Chatbot yang memudahkan masyarakat karawang dalam mengakses berbagai layanan publik," tuturnya.


"Dengan cukup mengirimkan pesan melalui nomor Whatsapp 0811-1409-1409, masyarakat dapat langsung diarahkan ke berbagai layanan yang diperlukan, mulai dari layanan penanganan stunting, layanan kependudukan, layanan perizinan, layanan ketenagakerjaan, layanan pajak daerah, hingga layanan pengaduan publik," imbuhnya.


Ia menjelaskan, semua ini dapat diakses melalui satu portal yang terintegrasi dengan mudah dan cepat. Inisiatif ini merupakan wujud komitmen pihaknya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, menciptakan kemudahan akses, dan mengoptimalkan pelayanan publik yang efektif dan efisien.


Ia pun berharap, ke depannya seluruh layanan publik di kabupaten karawang dapat diakses melalui Pak Haji, sehingga masyarakat bisa menikmati pelayanan yang lebih praktis dan memadai.


"Dengan adanya inovasi ini, kami optimis bahwa Kabupaten Karawang akan semakin maju dalam memanfaatkan teknologi digital untuk kesejahteraan masyarakat. Semoga Pak Haji dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, serta menjadi inspirasi bagi daerah lain dalam upaya peningkatan kualitas layanan publik," ungkapnya.

(red/diskominfo)

Komentar

Tampilkan

Terkini